Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 30, 31, 33, 35, 36
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 30, 31, 33, 35, 36- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran PJOK, B.Indonesia dan PKN.
Related
Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat.
Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni.
Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda.
Mereka juga membawa makanan khas daerah.
Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado.
Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa.
Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di
Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing.
Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 30
Ayo Berdiskusi
Amati gambar pakaian khas daerah Indonesia berikut!
Dapatkah kamu menyebutkan asal daerah pakaian di bawah ini?
Alternatif Jawaban :
- Lampung
- Sumatra Barat
- Minang
- Jogjakarta
Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah.
Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam atau berbeda-beda.
Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 31
Perhatikan pula teks bacaan di atas!
Apakah Udin dan teman-teman membawakan budaya dari daerah yang sama?
Alternatif Jawaban :
Udin dan teman-teman membawakan budaya daerah yang berbeda-beda
Apakah kita perlu mengenal dan memahami daerah-daerah lain di Indonesia?
Alternatif Jawaban :
Sangat perlu, agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga
Diskusikanlah dengan temanmu!
Ayo Mengamati
Amati gambar dan informasi berikut!
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 33
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tersebut:
Apakah pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
Alternatif Jawaban :
Pakaian yang dikenakan menunjukan keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia
Apakah penting bagi kita untuk menghargai keragaman?
Alternatif Jawaban :
Sangat penting karena dengan menghargai perbedaan kita telah menjaga persatuan dan kesatuan
Sampaikan informasi yang kamu peroleh di depan kelas secara bergantian!
Ayo Membaca
Salah satu makanan yang disukai Udin dan temanteman adalah keripik singkong atau karupuak sanjai yang dibawa oleh Siti. Benipun ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang menggunakan bahan dasar singkong.
Bacalah Teks Berikut.
Pengolahan Singkong
Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.
Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebih lama.
Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau lebih.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 35
Amati gambar di bawah ini!
Lingkari makanan yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.
Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 36
Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas
1. Paragraf 1 : Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan.
2. Paragraf 2 :
Alternatif Jawaban :
Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong
3. Paragraf 3 :
Alternatif Jawaban :
Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan
Buatlah ringkasan dari isi teks “Pengolahan Singkong”!
Alternatif Jawaban :
Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan
Ceritakan ringkasan yang telah kamu buat di hadapan teman-temanmu!
Ayo Mengamati
Setelah mengetahui pengolahan makanan berbahan dasar singkong, Udin mengajak Edo dan Beni berenang. Udin, Edo, dan Beni senang bermain di kolam renang. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sana. Sambil bersenang-senang, mereka selalu memperhatikan keselamatan diri dan teman di sekitar.
Udin, Edo, dan Beni mencoba gerakan mengambang tanpa pelampung. Edo membantu Beni berlatih mengambang. Edo berdiri di dalam kolam. Tangannya memegang tangan Beni. Beni
mengambangkan tubuhnya sambil menggerakkan kaki. Mereka melakukan kegiatan secara bergantian.
Ayo Berlatih
Beni mencoba berlatih mengambang sendiri di kolam dangkal.
Gerak dasar mengambang dapat dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap berikut:
1. Berdiri tegak di pinggir kolam.
2. Peganglah tepi kolam dengan dua jari dari setiap tangan.
3. Rapatkan perut pada dinding kolam.
4. Tarik napas dalam-dalam. Lepaskan pegangan.
5. Masukkan kepala ke dalam air.
6. Kepala muncul perlahan di permukaan air sambil hembuskan napas.
7. Posisi tangan sejajar bahu.
8. Lakukan gerakan berenang di tempat dengan posisi tubuh sejajar dengan air. Kedua kaki digerakkan bergantian.
9. Lakukan berulang-ulang.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa pergi ke tempat berenang serta melatih kemampuan siswa dalam melakukan gerak mengambang (water trappen) saat beraktivitas dalam air.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 30, 31, 33, 35, 36- Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produk Pangan Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Halaman 30, 31, 33, 35, 36"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.